RSS

IBM Bikin Chip Komputer Secepat Pikiran Manusia

04 Des

New York – IBM meluncurkan chip komputer tipe baru yang dapat mengintegrasikan perangkat nano elektrik dan optik di bagian silikon. Teknologi ini memungkinkan superkomputer melakukan perhitungan satu juta-triliun atau exaflop dalam satu detik.

Peneliti IBM mengatakan, chip ini seribu kali lebih cepat dari mesin petaflop terkuat. Komputer semacam ini memiliki kekuatan pemrosesan yang mendekati otak manusia. Hambatan utama komputer supercepat adalah waktu yang dibutuhkan guna mengirimkan data dalam jumlah besar antarchip.

Fiber optik jauh lebih baik dibanding kabel tembaga, namun komponen yang mengonversi data elektrik menjadi photon cenderung hanya ada di perangkat terpisah. Artinya, data masih harus melewati kawat tembaga lambat untuk menjangkaunya, hal ini menimbulkan kemacetan.

IBM telah mengembangkan berbagai saklar kecil nanophotonic, waveguides, detektor dan modulator yang semuanya terbuat dari silikon dan dapat diintegrasikan langsung ke dalam chip.

Sekarang, silikon yang membentuk sirkuit elektrik dan chip transistor dapat digunakan untuk mengonversi dan menyampaikan photon dan menyalurkannya di antara chip dengan kecepatan tinggi.[ito]

Kepala dari Nano Research Group University of Southampton Hiroshi Mizuta di Inggris mengatakan, hal ini akan sangat meningkatkan kecepatan dan konsumsi daya chip komputer. “Performa (komputasi) akan sangat terbatas oleh interkoneksi,” katanya.

Seperti dikutip dari UPI, dalam lima tahun, IBM mengatakan teknologi ini akan menciptakan superkomputerexaflop.

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 4 Desember 2010 in teknologi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: