RSS

10 Tips Unik Memperlakukan Makanan

01 Nov

Penulis : prita daneswari
10 Tips Unik Memperlakukan MakananSIAPA yang paling mengetahui kondisi tubuh Anda selain Anda sendiri? Maka itu, kita pula yang semestinya mengetahui makanan apa saja yang sekiranya baik bagi kesehatan tubuh. Anda pun tentu mempunyai perkiraan berapa banyak jumlah makanan yang dibutuhkan tubuh sendiri setiap harinya. Namun ketimbang terus berpikir apa saja dampak buruk makanan atau menghindari makanan yang sekiranya berbahaya bagi tubuh, ada baiknya Anda lebih menghargai apa yang telah diberikan makanan untuk tubuh. Karena itu, luangkan waktu untuk memahami lebih jauh makanan yang Anda makan. Lupakan kalori, fokuslah kepada makanannya. Berikut beberapa cara untuk mengubah pola pikir Anda terhadap makanan: 

1. Pelajari makanan
Abaikan hitung-hitungan kalori. Perhatikan saja kandungan serat, protein,vitamin, mineral, dan antioksidannya. Pelajari juga jenis-jenis makanan baru dan cara mengombinasikan antara makanan yang biasa dimakan dengan jenis makanan baru.
2. Makan perlahan
Makanlah dengan perlahan setidaknya selama 20 menit setiap menyantap makan supaya tubuh memiliki waktu untuk merasa kenyang sebelum Anda memutuskan unutk mengisinya lagi..
3. Buat perencanaan
Buatlah perencanaan menu makan setidaknya selama seminggu guna menyeimbangkan asupan yang kurang sehat.
4. Pergi ke toko sayur
Anda tentunya memerlukan sayur pada setiap menu makan untuk menunjang kesehatan Anda.
5. Jangan kacaukan pola makan
Jangan kacaukan menu makan Anda. Diamlah beberapa saat untuk merenung apa yang sebaiknya Anda makan, meski dalam situasi tersulit pun.
6.Tulis menu makan
Dengan menulisnya, Anda kan menyadari apa yang telah Anda konsumsi selama ini sehingga Anda dapat segara mengubah kebiasaan tak baik dan lebih waspada terhadapa makanan kurang sehat.Akhirnya, perlahan pola makan Anda pun akan berubah.
7. Ke ahli gizi
Sesekali, temuilah ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi terbaik mengenai apa saja yang mesti dimakan.
8. Berpikir positif
Makanan dan berat badan memang kerap memusingkan. Tetapi dengan mengingatkan diri sendiri untuk mengubah kebiasaan buruk, niscaya pola pikir akan berubah dan Anda pun akan selalu berpikir positis tentang diri sendiri.
9.Bersabar
Sabarlah, perubahan memang membutuhkan waktu dan jangan menyerah.
10. Cari dukungan
Carilah dukungan dengan berbagai cara, misalkan saling mengingatkan dengan sahabat yang memiliki misi sama. Selain hidup sehat akan menjadi gaya hidup, hubungan pertemanan Anda pun akan menjadi lebih erat dan tahan lama.(Pri/OL-06) 

sumber :
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 November 2010 in kesehatan, tips

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: