RSS

Indonesia sebagai jalur pegunungan dan jalur gempa…

04 Nov


dr gambar di samping (hasil karya “Google Earth”) bisa di-liat segitiga2 warna merah yg membentuk satu jalur di pulau Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara sampe ke Laut Banda…segitiga itu melambangkan gunung api…jd gunung api-gunung api itu membentuk satu jalur di pulau Sumatra, Jawa sampe ke Laut Banda (gunung api bawah laut)…bahkan di Filipina jg mereka bikin satu jalur (gambar sebelah atas, utara-nya Indonesia)…kenapa mereke jadi bikin jalur2 seperti itu…???
kunci-nya adalah subduksi: menunjam-nya lempeng samudra ke bawah lempeng benua…coba liat di selatan Jawa, di lepas pantai pada gambar di atas…di sana ada satu bentuk gambar yg sejajar dgn jalur gunung api tadi…yg paling jelas adalah persis di timur Filipina…itu adalah bentuk gambar dr jalur subduksi tadi…nggak heran kan Filipina jg di-sibuk-kan sama aktivitas gunung api…sama aja kaya di Indonesia…mau gambar lebih mirip lg, coba liat Jepang…persis sama kaya Indonesia dan Filipina…artinya: Jepang, Filipina dan Indonesia punya resiko yg sama dalam hal gunung api, gempa dan tsunami…
kenapa pulau Kalimantan kok nggak ada segitiga2 merah itu…??? karena memang pulau Kalimantan nggak dilewatin sama jalur subduksi…nggak ada jalur subduksi artinya nggak ada gunung api…tapi liat lg di antara Kalimantan dan Sulawesi…ada teori yg menyatakan bahwa dua pulau ini tadi-nya bersatu dan bisa saja di Selat Sulawesi itu terjadi gempa…wah, gue harus cari detil-nya dulu nih…ntar di-posting lg…jd apakah Kalimantan aman…??? Kalimantan memang relatif aman dr gempa dan tsunami drpd Sumatra, Jawa sampe Laut Banda…
bumi kita ini terdiri dr beberapa lempeng…masing2 lempeng bergerak dan saling bertabrakan (contoh-nya Indonesia) atau saling menjauh(contoh-nya di Samudra Atlantik)…lempeng Australia dan lempeng Eurasia yg bertabrakan di Indonesia jg masing2 selalu bergerak…memang nggak cepet pergerakannya…mungkin 1 atau 5 cm per tahun…lempeng Australia relatif bergerak ke arah utara, lempeng Eurasia relatif bergerak ke arah selatan…tabrakan kan…??? lempeng Australia tadi nabrak dan menyusup ke bawah lempeng Eurasia…ini yg disebut subduksi…akibat menyusupnya lempeng Australia tadi, lapisan batuan pada lempeng Australia dan lempeng Eurasia yg bergesekan (ini skala-nya besar sekali ya, jgn di-bayangin bergesekan kaya di Patas AC) menyebabkan naiknya suhu dan tekanan di daerah pergesekan…akibat-nya lapisan batuan itu akan meleleh dan lewat rekahan2 yg ada di sekitarnya, lelehan tadi (nama-nya magma) tadi akan naik ke atas (kenapa…? karena suhu dan tekanan yg tinggi) sampe ke permukaan bumi…di permukaan bumi bentuk-nya adalah gunung api tadi…
lalu bagaimana dgn gempa…??? gempa jg diakibat-kan oleh proses subduksi tadi…masing2 lempeng punya daya elastisitas (walupun nggak se-elastis penggaris plastik tapi ya bisa di-analogi-kan lah)… ketika mereka bertabrakan (dan teuteup bergerak) maka akan muncul daya elastisitas dr masing2 lempeng…ketika daya elastisitas-nya sudah kelewat batas, maka di-lepaskan-nya lah energi (kalo penggaris plastik sih udah patah) itu dalam bentuk gempa tadi…kok jauh bgt sih dr jalur subduksi yg sekian kilometer di lepas pantai sampe ke daratan…harus di-ingat bahwa akbibat pergerakan lempeng jg maka bisa muncul yg namanya “sesar” atau istilah geologi-nya “fault” … sesar ini adalah satu bentuk patahan dr lapisan batuan yg mengakibatkan satu lapisan bergerak relatif turun atau naik atau bergerak ke kanan atau ke kiri terhadap lapisan batuan yg lainnya…rada ribet ya…??? ntar deh di-jelasin lg di posting-an yg laen…nah, pergerakan subduksi tadi itu jg memicu pergerakan sesar2 tadi…
mmhhh…menarik kan sebenernya posisi Indonesia kita ini… 
sumber :

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 4 November 2010 in pengetahuan, unik

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: